Jumat, 25-10-2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SD Negeri 1 Purwosari Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri

Asyiknya Belajar di Luar Kelas

Diterbitkan :

Belajar itu tak mesti di ruang-ruang kelas. Seperti umumnya yang selama ini berlangsung. Pada umumnya, siswa berkesempatan belajar di luar ruangan ketika sedang mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes).  Siswa tentu selalu bersemangat dan senang mengikuti berbagai kegiatan olahraga yang diberikan.

Demi mencari suasana baru dan agar siswa tidak jenuh belajar di dalam kelas, Endra Wisnu Wardana Kusuma (Pak Endra) mengajak siswa kelas III SD Negeri 1 Purwosari Kecamatan Wonogiri untuk belajar IPA di luar kelas pada Kamis (03/11/2022)

Pada jam pelajaran pertama, setelah berdoa bersama, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi. Kemudian siswa menuju ke halaman sekolah, mengambil tempat duduk berkelompok di bawah pohon mangga yang rindang dan sambil menikmasti segarnya udara pagi. Para siswa sangat bersemangat karena diajak belajar di luar kelas. Suasana belajar seperti inilah yang diinginkan para siswa.

Pembelajaran di luar kelas kali ini jadi pilihan untuk menyampaikan materi IPA dengan melakukan percobaan dengan menggunakan media berupa lilin. Anak-anak tampak asyik dengan kelompoknya masing-masing, melakukan pengamatan, mencatat pada lembar kerja, dan saat melakukan presentasi hasil kerja kelompok.

Belajar di luar kelas mampu membuat siswa melepaskan ketegangan, membangun suasana yang akrab. Guru tak hanya menyampaikan materi tetapi juga berinteraksi dengan siswanya. Hal itu tentunya mendorong siswa untuk membentuk kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa sebagaimana tuntutan pembelajaran abad 21.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Penulis : adminsd

Tulisan Lainnya

Oleh : adminsd

Senam Bersama Sehat Semua

Tautan